December 25, 2011

Menghilangkan Virus Shorcut pada Komputer

Beberapa waktu yang lalu banyak yang minta kepadaku karena flashdisknya terserang virus yang mengubah folder atau file menjadi sebuah shorcut kecuali File .rar . Aku suruh format aja flashdisknya  tapi tidak mau dengan alasan ada file yang belum di back up , filenya penting , jadi gimana doongg ??!! Akhirnya aku browsing cari cara menghilangkan virus tersebut tanpa menghilangkan file. Biasanya kalau langsung di scan hanya dapat di Quarantine atau di delete, sayangkan sama aja filenya hilang teruss balik lagi virusnya. Oleh karena itu dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada windows dapat menghilangkan virus shorcut ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :



  1. Masuk command prompt dengan cara klik [Start] sehingga muncul kotak [Search]
  2. Seandainya Anda menggunakan Windows XP berarti klik [Start] > [Run…]
  3. Pada kotak dialogs [Run..] atau [Search] ketikan CMD lalu [Enter]
  4. Kotak Command Prompt terbuka.
  5. Sekarang dalam jendela command prompt ketik nama drive-nya misalnya F: lalu [Enter]
  6. Maka akan muncul drive yang akan dibuka proteksi hiden foldernya. Dalam contoh diatas berada pada drive F: (ini disesuaikan dengan drive tujuan pada komputer Anda).virus-folder shortcut
  7. Selanjutnya ketik perintah “attrib –s –h *.* /s /d” (tanpa tanda petik) lalu tekan [Enter].
  8. Proses akan berjalan sekitar 1-2 menit.
  9. Setelah ada pemberitahuan selesai, saya tidak sabar langsung saya buka drive-nya dan….alhamdulillah masih utuh semua.
yang terakhir adalah hapus semua file dalam flashdisk yang beubah jadi shorcut, setelah itu scan dengan antivirus untuk mengecheck virusnya agar tidak menyebar kemana-mana.

atau

Download Software Virus Shorcut Remover 2.1 disini

-Selamat Mencoba-

No comments:

Post a Comment