February 11, 2012

Menghilangkan Write Protect pada Flashdisk

      Hah ?? Write Protect ?? Apaan tuh ?? :o
Write Protect pada flashdisk itu memang cukup membahayakan lebih bahaya daripada terkena virus. Kalau kena virus pasti lansung format flashdisknya pasti virusnya sudah hilang. Lha :o tapi write protect kan nggak bisa buat format , copy , paste , cut dan sebagainya ke flashdisk. Lha terus gimana caranya ??

Awalnya aku pernah punya flashdisk KINGSTON DT101 4GB itu kena write protect aku cari caranya gimana biar nggak ke protect. Segala macam cara aku coba buat menghilangkan itu mulai dari browsing tentang apa itu write protect , ada yang mengatakan write protect itu cuma keslahan dari komputernya aja
makanya yang diotak-atik cuma CMD (Command Prompt), Regedit (System Registry Windows), sampai download software seperti apacher, HP utility tool, Recovery Tool,dll dan semua cara itu GATOT alias GAGAL TOTAL  sampai aku tanya kedua Guru IT-ku pada nggak tau semua, padahal udah dicoba berbagai cara seperti bolak-balik eject flashdisk. Pada akhirnya aku menyerah, gimana nggak nyerah coba apapun dilakuin tapi nggak bisa-bisa. Aku beli flashdisk baru deh, aku beli flashdisk TRANSCEND JETFLASH 8GB warna putih. Aku milih yang GARANSINYA SEUMUR HIDUP :D biar kalau ada apa-apa tinggal balikin.
Selang beberapa bulan eh ternyata Flashdisk baruku kena write protect LAGI !! APE'S !!
Nah, aku cari cara tuh browsing lagi gimana caranya biar nggak write protect lagi ! Sampai malam aku carinya akhirnya ketemu dari blogger kapuas aku dapat infonya :D terima kasih. Nih aku pajang aja infonya kayak apa (lumayan buat nambah nambah ilmu) :

Software Format Flashdisk
  1. HP USB Disk Storage Format Tools - (download disini).  Software ini dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat menggunakan windows.
  2. HP Drive Boot Utility (download disini )- Software ini bisa untuk memperbaiki flashdisk yang propertisnya 0 byte
  3. Super Stick Recovery Tools - download disini
  4. Flashdisk Repair - download disini
  5. JetFlash Recovery Tool - download disini
Dengan kelima software tersebut saya gunakan satu persatu tapi hasilnya juga nihil, flashdisk juga tetap tidak bisa diformat dan muncul pesan "device media is write protected", semakin bertambah kebingungan saya, saya coba gunakan software untuk membuka flashdisk write protect tapi ternyata flashdisk tidak dalam keadaan write protected.

Semakin bingung saja lalu saya keliling-keliling internet, akhirnya saya menemukan tutorial yang agak rumit tapi dengan tutorial yang rumit tersebutlah akhirnya flashdisk SILICON 8 GB tersebut dapat diperbaiki.

Berikut kutipan langkah-langkah untuk memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak bisa di format atau selalu minta format seperti yang saya kutip dari tituitbom.com:

1. Download software USB Viewer.  Kegunaan software ini adalah untuk mengetahui VID (ID Vendor) dan PID (ID Product) flash disk.

2. Setelah mengetahui VID dan PID yang bisa Anda lihat melalui software USB Viewer di atas lalu dilihat di device connectednya, akan muncul Ox[PID] atau Ox[VID] seperti gambar di bawah ini:

Flashdisk Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi dan Solusinya

3. Lalu silakan kunjungi situs http://www.flashboot.ru/iflash.html

4. Masukkan data VID dan PID flashdisk kita di kotak yang telah disediakan dan klik tombol di sampingnya.

5. Maka akan muncul nama-nama Flashdisk beserta detailnya, cocokkan Flashdisk milik kalian.

6. Setelah mencocokkan, copy tulisan paling kanan dari detail Flashdisk kalian tersebut dan paste di kotak pencarian website tadi di pojok kanan atas.



7. Maka kalian akan disediakan link untuk mendownload software yang diperlukan.

8. Setelah mendownload dengan meng-klik tulisan Ckayatb (saya yakin cara menulisnya bukan seperti itu)

9. Ekstrak file dan buka, dan jalan software yang telah di download tersebut.

10. Flashdisk kalian akan menjadi normal kembali.

Nah ini nih flashdiskku yang aku maksud :
Transcend JetFlash 530 8GB (download software)
Kingston DT 101 4GB (download software)



Nah berikut ini tips biar nggak cepet kena Write Protect :
  • Kalau mau mencabut flashdisk JANGAN LANGSUNG DICABUT pakai EJECT atau SAFELY REMOVE HARDWARE pada taksbar
  • Jika ada file setup (seperti Adobe CS3, Corel X3, dll) dan ingin menghapusnya pastikan manghapusnya dengan bersih, jangan waktu menghapus langsung di cancel karena terlalu lama. Kalau memang difikir tidak perlu file yang ada di Flasdisk tersebut sebaiknya langsung diformat saja.
Itulah pengalaman saya, senang bisa membantu kalau mau tanya silahkan Komentar di bawah ini :) terima kasih.

No comments:

Post a Comment